Membuat Database

Dedicated for someone who was dissappointed by me. Please Forgive Me.

Pada BDE dengan database Paradox, database adalah sebuah folder yang menampung file-file table di dalamnya. Folder ini kemudian dapat diberi alias, sehingga akses ke database, yang aktualnya adalah akses ke folder tersebut, dapat dengan mudah dilakukan dengan hanya mengakses alias yang bersesuaian.

Menggunakan Database yang Telah Ada

Jika kita telah mempunyai sebuah folde berisi file-file database, berarti kita telah mempunyai predefined database. Misalkan kita membuat sebuah aplikasi buku telepon, dengan database dan alias yang dapat diakses dengan baik. Asumsikan database berada di C:\Aplikasi Buku Telepon\Data, dan diberi alias “BUKU_TELEPON”. Ketika seorang teman mengkopi aplikasi ini ke komputernya, ternyata aplikasi tidak dapat berjalan sebagaimana diharapkan.
Sekarang kita tinjau kembali di computer kita, alias “BUKU_TELEPON” menunjuk ke folder C:\Aplikasi Buku Telepon\Data, dan ketika teman tadi mengkopinya, aplikasi ditempatkan ke d:\Program\Aplikasi\Data. Aplikasi dijalankan. Alias diakses, dan referensi C:\Aplikasi Buku Telepon\Data teryata tidak ditemukan. Ini adalah penyebabnya.
Apa solusinya?
Kita dapat membuat sebuah alias baru (di mana alias BUKU_TELEPON belum terdefinisi di computer teman) dengan nama yang sama, dan mereferinsikannya ke folder database baru, yaitu d:\Program\Aplikasi\Data.

Catatan: Jika di computer teman belum tersinstal BDE (Borland Database Engine), kita harus menginstallnya untuk keperluan akses database aplikasi kita. Kita akan membahas hal ini tersendiri nantinya pada bagian Distribusi Aplikasi.

Membuat database dari awal

Untuk membuat database dari awal, kita dapat menggunakan Database Desktop, yang terinstal bila kita menginstal Delphi dengan menyertakan opsi instalasi Borland Database Desktop. Kita mulai dengan menjalankan Delphi, dan selanjutnya:

Dari Delphi, klik menu Tools>Database Desktop
 Image001
Buatlah sebuah folder di mana kita akan menempatkan file-file database kita, misalkan di C:\Database\Buku Telepon (lewat Windows Explorer)

Kembali ke Database Desktop, klik menu File>New>Table. Pada dialog yang muncul pilih Paradox 7
Image002
Klik Ok

Kini kita akan dihadapkan ke dialog Table Designer
Image003
Asumsikan kita akan membuat table dengan field-field sbb:

Nama, bertipe karakter dengan panjang maks. 30 huruf, harus diisi
Alamat, bertipe karakter dengan panjang maks. 50 huruf, harus diisi
Telepon1, bertipe karakter dengan panjang maks. 15 huruf, harus diisi
Telepon2, bertipe karakter dengan panjang maks. 15 huruf, boleh kosong
Foto, bertipe Graphic, boleh kosong.

Kini kita bias mendesain aplikasi sesuai asumsi kolom-kolom table di atas.
Pada baris 1, kolom Field Name, ketikkan Nama, tekan tab, pada kolom Type, tekan spasi, pilih Alpha (yang berarti Alphanumeric, atau karakter), dan pada kolom Size beri nilai 30. Kolom Key harus diisi jika field ini harus unik, artinya dalam satu table tidak boleh ada nama yang sama. Karena kemungkinan dua orang memiliki nama yang sama, field ini tidak perlu diisi. Cek pada opsi 1. Required Field, karena field ini harus diisi. Jika field ini boleh kosong, jangan cek opsi ini.
Image004

Selanjutnya klik pada baris satu (field Nama), tekan Enter beberapa kali sampai kursor berpindah ke baris dua.
Ulangi langkah-langkah pembuatan field ini sampai semua field yang diasumsikan selesai dibuat:
Hasil akhir pembuatan field-field ini dapat dilihat di gambar berikut:
Image005

Klik tombol Save As… Pilih C:\Database\Buku Telepon apa Combobox Save In:
Image006
Isikan File Name dengan daftar_telepon, klik Save

Kita kembali ke Database Desktop.
Klik menu File>Open>Table…, pilih C:\Database\Buku Telepon pada pilihan Look In:
Pilih file daftar_telepon.db, klik open.
Tampilan table yang masih kosong seperti berikut:
Image007
Klik menu Table>Edit Data (F9) untuk menginput data-data daftar telepon.
Image008
Tutup tabel ini. Pada konfirmasi yang muncul, klik Yes.
Catatan: Database Desktop yang saya pakai adalah yang ikut dengan Delphi 3. Untuk masukkin gambar, saya juga hilang akal. Silahkan mikir sendiri.

Sampai di sini, kita telah membuat sebuah tabel. Pada bagian selanjutnya, kita akan membuat sebuah aplikasi yang berkorespondensi dengan database dan tabel ini, dengan Wizard dan dengan membuatnya secara manual.

Salam hangat untukmu. You know who is I am meaning.

google_tags: database desktop, delphi, membuat tabel, table designer, database alias, jokorb

About these ads

29 thoughts on “Membuat Database

  1. disetiap software jika ke menu help kita bisa memanggil hatml help untuk pertolongan begitu juga di delphi dengan cara menekan f1 dan menu help.
    mas saya ingin membuat aplikasi yang dalamnya ingin memanggil file chm,notpad,html.kasih contonya dong pakai dtabase tidak yah..?karena rencananya akan memanggil 30 chm dengan buton dan menu begitu juga notpad hatml dll.

  2. Mas Azis, mohon maaf baru dibaca komentarnya dan berhubung OL-nya di warnet, ga ada Delphi, jadi ga bisa posting contohnya. Saya usahakan secepatnya, dipsoting di http://jokorb.wordpress.com. Tunggu sebentar ya…

    Oh iya, help bisa dengan database seperti help-nya Interbase 7.0, atau bisa juga tidak, seperti kebanyakan software yang ada.

    Thanks comment-nya. :)

  3. mas saya mau nanya. klo database paradox transtool itu apa bisa di buka?? Jika bisa software apa yg hrs di install dan bagaimana caranya mas?

    Jika berkenan sy ingin pencerahannya di email saya : admin@toplirik.com
    Sy jg ingin mengajak tukeran link dengan toplirik. thx

    Salam kenal dari sy.

  4. Mas, saya sudah buat program dan pembuatab table nya menggunakan database desktop. cuma sekarang bingung mau buat applicationnya gimana ya? ( jadi maunya tinggal klik icon application, program lgsg jalan ). saat ini hanya komputer yg telah terinstall delphi yg bisa jalanin program saya. itupun saya harus mengkopi tabel2 dulu ke folder delphi. mohon infonya
    atau email saya di prast_dody@yahoo.com.terima kasih

  5. Di file project (*.dpr) aplikasi Anda, tambahkan DBTABLES ke klause uses., kemudian pada bagian kode, tepat setelah BEGIN, tambahkan kode berikut untuk membuat alias baru di komputer tujuan

    with Session do
      begin
        ConfigMode := cmSession;
        try
          AddStandardAlias('NAMA_ALIAS', ExtractFilePath(ParamStr(0)+'Database'),
    'PARADOX');
        finally
          ConfigMode := cmAll;
        end;
      end;
    

    Nah, Anda tinggal meletakkan file-file tabel ke folder Database, di dalam folder tempat aplikasi Anda berada.

    HTH + CMIIW

    Lebih lanjut, cek di http://delphi.about.com/od/dbbde/a/bdealiases.htm

  6. Sorry, kodenya seharusnya seperti ini:

    with Session do
      begin
        ConfigMode := cmSession;
        try
          AddStandardAlias('NAMA_ALIAS', ExtractFilePath(ParamStr(0))  +'Database',
    'PARADOX');
        finally
          ConfigMode := cmAll;
        end;
      end;
    
  7. minta tlg dong. saya edit program trus mau disimpan tp keluar
    “”cannot create file ” d:\program files\borland\delphi7..\unit1.$$$ ”
    kenapa ya?

  8. Coba Save project & file-filenya ke folder lain. Mungkin juga akibat antivirus yang sedang beraktivitas dengan file tersebut.
    Saat developing, saya biasanya memutuskan koneksi dengan perangkat lainnya (kecuali printer dan no-infectable hardware) dan mematikan antivirus sementara waktu.

    Semoga membantu. :-)

  9. pak tolongin saya mau instal transtool paradox tapi cara yang diberitahui buat kepala saya pusing
    tolong ajarin saya cara mudah instal transtool paradox
    karena transtool paradox saya sekarang tdk bs digunakan lagi

  10. mas sblume aq minta maaf.aq bru bljar delphi mulai nol.di atas dah dipaparkan cara membuat database.langkah selanjutnya tlong dipaparkan.yang pembuatan sebuah aplikasi yang berkorespondensi dengan database dan tabel ini, dengan Wizard dan dengan membuatnya secara manual itu loh….tlong yaaa

  11. saya mau nanya nich……….. saya buat aplikasi entry data pasien menggunakan delphi dengan database paradox, setelah diinput data pasien hanya menampung data kurang dari 100 data pasien….kalo mau diinput lagi datanya uda error….kira2 masalahnya apa yach…klo paradox data yang dia bisa tampung berapa sih…………
    tolong solusinya…………

    • Paradox bisa menampung data cukup banyak kok :-)
      Masalahnya bukan pada itu, tapi pada jumlah resource sistem yang terpakai, terutama jika manipulasi data cukup kompleks. Untuk skala dokter/rumah sakit, sebaiknya Anda mempertimbangkan MS. Access, setidaknya. Atau sebaiknya ganti dengan RDBMS seperti MySQL atau Firebird. Mereka gratis, open source, banyak didukung (terutama MySQL). Saya sendiri di blog ini telah menulis 2 tutorial cukup panjang tentang koneksi Delphi dan MySQL, baik dengan DBEXpress maupun ZEOS Database Objects. Silahkan gunakan fasilitas search jika Anda tertarik… ;-)

    • Kalau database Paradox seperti posting di atas, opsi untuk membuat Primary Key tidak ada. Jadi saat develop, Anda sendiri yang enentukan field mana yang akan menjadi Primary Key, berdasarkan asumsi Anda sendiri.
      Database Desktop bawaan Delphi 7 pun tidak menyediakan fasilitas ini.

  12. mau tanya , knp database desktop pada delphi 7 itu kalo di save kok ga bisa / hilang ketika habis di save , padahal sudah saya coba berkali” save tapi kok tetap tidak ada, mohon solusinya gan????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s