Comments Review

Beberapa saat lalu, seseorang pengunjung blog ini telah menulis komentar dengan dua pertanyaan:

  1. Bagaimana menambahkan sebuah shortcut untuk meng-uninstall sebuah aplikasi ke Start Menu?
  2. Apa software instalasi selain InstallShield Express bawaan Delphi, yang dapat diuabh tampilan setupnya sesuai kebutuhan?

Well, untuk yang nomor 1., saya mohon maaf, sudah lama ga’ pake InstallShield, jadi lupa di bagian mana shortcut uninstalasi bisa diatur. Jadi saya akan mulai dengan nomor 2.

Yang paling populer dalam membuat paket instalasi software yang dibuat dengan Delphi, saya bisa sebut Inno Setup oleh Jordan Russel. Inno Setup, jadi populer karena gratis & open source, dukungan 3rd party, dan juga dengan hanya beberapa klik pada Wizard-nya, Anda sudah dapat membuat sebuah paket instalasi lengkap dengan shortcut uninstall-nya. Yang lebih cocok sebagai pengikat Inno Setup dengan Delphi adalah penggunaan Pascal Script oleh Carlo Kok, sehingga dalam membuat paket instalasi, Anda bisa menyertakan kode-kode Object Pascal untuk membuat custom action, dialog, memproses file di komputer target, meminta input serial number, dan mengubah tampilan setup sesuka Anda! Namun jika lewat kode masih terasa merepotkan, Inno Setup Form Designer oleh Marc Hoffmann akan membantu Anda mendesain, preview, dan kompile tampilan setup Anda layaknya Anda mendesain tampilan aplikasi di Delphi! What a great setup maker. And they are absolute free!

“Inno Setup is a free installer for Windows programs. First introduced in 1997, Inno Setup today rivals and even surpasses many commercial installers in feature set and stability.”
– Jordan Russel –

Is-welcome
Tampilan awal Wizard.

Is-ide
Tampilan IDE Inno Setup.

Ide isfd
Inno Setup Form Designer.

Isfd code
Buat ngutak-ngatik kode.

Isfd preview
Preview tampilan setup.

Anda bisa saja mencoba Wise, Vise Installer, Setup2Go, Installer2Go, dsb., dengan catatan: BAYAR!

Kembali ke nomor 1., jika Anda menggunakan Inno Setup, buatlah sebuah paket instalasi dengan Wizard, yang kemudian bisa Anda modifikasi. Di sana tersedia opsi untuk menyertakan shortcut uninstall aplikasi Anda. Baca juga dokumentasinya untuk informasi lebih jauh.

Download Inno Setup 1.377MB
Download Inno Setup Form Designer 1.13MB

Mohon maaf atas penggalan tulisan di sini beberapa waktu lalu. Maksud saya hanya bercanda semata. Percayalah bahwa Dia Maha Tahu yang tersembunyi di dalam hati tiap hamba-Nya.

 

google_tag: Inno Setup, Inno Setup Form Designer,delphi, setup, install, jokorb

7 thoughts on “Comments Review

  1. Bos, numpang tanya bos…
    Saya kan membuat aplikasi dengan delphi dan crystal report 10
    Nah agar file exenya dapat dipanggil di computer client tanpa harus install delphi dan crystal reportnya, file2 apa saja yang harus diincludekan ke inno setupnya??

    Thx before

  2. Databasenya, pake database apa? Saya ga pernah pakai Crystal Report, jadi ga’ begitu paham. Mungkin ada library (file-file OCX) atau sejenisnya yang harus diikutkan dalam instalasi Anda.

    Silahkan kunjungi Delphi-ID.org atau Milis Delphi Indonesia untuk mendapatkan tanggapan lebih baik dari Delphier lainnya.

    Mohon maaf sebelumnya.🙂

  3. Beberapa hari ini saya mengamati Blog buatan Mas Rivai , Kesan saya blognya bagus dan mantab. Oh yah ada yang ingin saya tanyakan nih soal masalah lib2 delphi , kira2 untuk install ke client apa2 saja yang di masukkan selain OCX , Terima kasih banyak atas bantuannya.

    • Untuk aplikasi yang dibangun dengan Delphi, secara normal, tidak memerlukan tambahan library apapun.
      Kecuali untuk aplikasi yang menggunakan pihak ketiga (third party components/tools) seperti Crystal Report, Database server, dsb., maka harus disertakan library yang diperlukan oleh komponen tersebut. Mengenai librarynya apa saja, maaf saya tidak bisa jawab, karena tergantung pada masing-masing komponen. Silahkan baca dokumentasinya untuk informasi library yang harus disertakan…

  4. PUSING2X Apa enggak ada mas cara yang lain. setting pathnya Enggak ngerti saya. Kalau temen2 VB sudah bisa jalan semua ini Hiks , saya belum bisa2 nih dari kemarin , apa perlu setting di Regedit juga ??????? , Untuk saat ini saya masih pakai Installshield . Hadeh2 wkwkwkw….😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s