Zeos + Delphi = Connection Error

Request:

Salam kenal, mas aku lagi belajar bikin aplikasi client server pake delphi & zeos, dan nemuin masalah, program di client gak bisa koneksi ke database server tapi di computer server gk ad masalah,

//kode ini bisa jalan di komputer server

procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);

try
with ZConnection1 do
begin
HostName := ‘192.168.1.2’; //server
User := ‘admin1684’;
//user diset bebas akses database dimanapun
port := 1684;
database := ‘newdatabase’;
Password := ‘admin’;
Connected := True;
ZTable1.Open;
end;
except
//gk bisa nyambung, malah pesan ini yg muncul di client dan
//pesan dari window nya klo gk salah “prozeos1684 has enconutered a
//problem and need to close…
ShowMessage(‘Error!, program will be terminated.’);
end;
end;

ip server (192.168.1.2), ip client (192.168.1.3) dihubungkan dengan hub soalnya ada modem buat internet ip nya (192.168.1.1).

Cuman aku installin mysqlnya gk di “C:”, apa gara2 itu atau beda sistem operasi??

spek yg aku pake : ==================== Sistem operasi : winxp sp3 (server), winxp sp2 (client) developing : delphi 6, mysql-5.5.8-win32, zeosdbo-6.5.0-alpha tools : SQL front aku dah liat di tread masalah yg sama ma aku dan udah aku coba, tp tetep aja belum bisa, yg dah aku coba : >>matiin firewall di komp client dan server, bikin host client(192.168.1.3) di mysqlnya, koneksi dibuat saat running program mohon bantuannya! dan makasih sebelumnya.

– Amy –

Saya sudah mencoba dengan setting yang mirip, tapi tidak ada masalah:

Server pada Windows XP 64bit SP 2, Client Windows 7 Ultimate, Zeos 7.0.0-alpha, MySQL 5.1.2.2-Win32 (run on XP 64 SP 2), Delphi 2009 dan Delphi 7.

Setting server: Port 3270, IP server 192.168.2.107, Client 192.168.2.100, firewall ON (dengan menambahkan MySQL ke Exception List).

Saya tidak melihat masalah, jadi saya hanya berpendapat:

Pada kode


procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);

try
with ZConnection1 do
begin
HostName := '192.168.1.2'; //server
User := 'admin1684';
//user diset bebas akses database dimanapun
port := 1684;
database := 'newdatabase';
Password := 'admin';

///////////////////////////////////////

Protocol:='mysql';     /// coba tambahkan, untuk memastikan

///////////////////////////////////////

Connected := True;
ZTable1.Open;
end;
except
//gk bisa nyambung, malah pesan ini yg muncul di client dan
//pesan dari window nya klo gk salah "prozeos1684 has enconutered a
//problem and need to close...
ShowMessage('Error!, program will be terminated.');
end;
end;

Telah saya sisipkan satu baris yang menunjukkan protokol server yang harus digunakan oleh Zeos. Pastikan juga pada kedua komputer (Server & Client) tidak ada antivirus yang memblokir akses LAN (beberapa antivirus mempunyai firewall sendiri). Dan lihat apakah ada aplikasi lain di komputer Anda yang telah menggunakan port di atas ( 1684). Port ini juga harus dicatat pada file konfigurasi MySQL, my.ini.

Pastikan bahwa user “admin1684” memiliki akses dari host “localhost” dan host “%” agar semua koneksi eksternal diijinkan. Soal hub tidak ada masalah, demikian juga dengan IP. Selama masih bisa konek antar PC, selama itu pula MySQL dapat dikoneksikan ke client.

Perbedaan sistem operasi tidak menjadi masalah. Instalasi MySQL selain di drive C tidak masalah. Saya membiasakan untuk menginstall di drive lain, malah. Untuk menghindari korup/hilangnya data saat reinstalasi Windows.

Edit seperlunya my.ini, terutama di bagian

[mysqld]
port=3306
basedir=”D:/mysql5122/”
datadir=”D:/mysql5122/Data/”

Sesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian usahan MySQL membaca file ini saat startup.

Saya menggunakan command:

D:\MySQL5122\Bin>mysqld --register mysqlsvc --defaults-file="path lengkap ke my.ini"

untuk meregister MySQL Server sebagai service di mana mysqlsvc adalah nama servisnya.

Terakhir, sebaiknya kirim screenshot/keterangan persis tentang pesan error yang muncul, sehingga dapat kita diskusikan lebih jauh.

Semoga menemukan solusinya🙂

5 thoughts on “Zeos + Delphi = Connection Error

  1. Alhamdulillah mas sudah bisa, tapi aku ganti
    spek yg jalan => delphi 2009, zeos versi 7.0.0 alpha, mysql 5.1,
    spek yg error => delphi 2009, zeos versi 7.0.0 alpha, mysql-5.5.8-win32.msi
    aku pikir error gara2 mysqlnya mungkin ketinggian versinya, gk tau deh mungkin ada yg kelewat tapi yg pnting dah jalan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s